SuMber EnERgi MAsA DepaN

Dewasa ini energi menjadi persoalan yang krusial didunia. Peningkatan permintaan energi yang disebabkan oleh pertumbuhan populasi penduduk dan menipisnya sumber cadangan minyak dunia serta permasalahan emisi dari bahan bakar fosil memberikan tekanan kepada setiap negara untuk segera memproduksi dan menggunakan energi terbaharukan. Selain itu, peningkatan harga minyak dunia juga menjadi alasan yang serius yang menimpa banyak negara di dunia terutama Indonesia.

Sebenarnya masih banyak sumber energi alternatif lain yang bisa dimanfaatkan dalam era krisis energi yang bisa kita sebut seperti sekarang ini.Bagi kebanyakan orang, nama bakteri Escherichia coli langsung memunculkan kesan yang sangat erat dengan racun makanan dan penarikan produk makanan dari pasar. Tapi bagi Profesor Thomas Wood, bakteri ini bisa diolah menjadi sumber energi yang kelak dapat menghidupkan kendaraan bermotor dan penerangan di rumah-rumah.

ImageHost.orgImageHost.orgImageHost.org

Menurutnya E.Coli dapat dimodifikasi secara genetik untuk menghasilkan hidrogen dengan jumlah yang berarti, bahkan dapat memproduksi sekitar 140 kali hidrogen yang diproduksi oleh proses alam. Penemuan ini dapat dipandang sebagai batu loncatan untuk ekonomi berbasis hidrogen di masa depan.

SeLengkapnya….

E. Coli sendiri telah digunakan sebelumnya dalam produksi hormon insulin dan pembuatan vaksin. Prof Wood dan timnya telah mentransformasi bakteri-bakteri ini menjadi pabrik hidrogen mini, dengan menghapus enam gen spesifik dari DNA E. Coli.

Kecepatan mengkonversi gula yang alamiah dari E.Coli ditingkatkan berkali-kali lipat. E. Coli memiliki 5000 gen yang dapat bertahan bahkan dalam kingkungan yang kurangmendukung. Hidrogen dapat diproduksi melalui proses fermentasi, tapi menurut Prof Wood ini tidak membutuhkan mesin yang kompleks untuk pemanasan yang ekstensif atau listrik yang banyak. Reaktor yang beliau desain beratnya kurang dari 250 galon bahan bakar yang dapat mensuplai hidrogen untuk rumah untuk penggunaan 24 jam.

Oleh karena itu sangat bermanfaat apabila penggunaan bakteri E.Coli lebih dikembangkan sebagai sumber energi alternatif selain yang berasal dari minyak bumi.Yaitu Energi alternatif masa depan.

4 thoughts on “SuMber EnERgi MAsA DepaN

  1. Adakah sumber energi masa depan yang lain?Truz sekarang apa sudah ada negara yang mulai memanfaatkan bakteri Escherichia coli?Dan apakah diIndonesia ada bakteri Escherichia coli?

  2. salam perkenalan buat mbak!
    saya mau nanya,gimana sich mbak caranya memanfaatkan energi dengan sebaik baiknya meskipun sudah ada energi alternatif?

  3. Buat ade :
    Klo mslh sumber energi, ade juga biza memikirkannya,demi masa depan ade juga…..hehehe……
    ada profesor di texas yang menelitinya, mungkin disana sudah dicoba untuk memanfaatkan bakteri ini?? tapi klo di indonesia aq lum pernah denger tuch…..klo ade udah tw, kasih tw aq yach…..

    buat zidna :
    ya….energi yang sudah ada itu…. tidak di gunakan secara berlebihan,artinya hanya digunakan secukupnya “istilahnya tidak boroz lah.” okay….klo kurang puas dg jwbnnya, bisa nanya lagi…………stju.!!!

    thanks smuanya……..

Tinggalkan komentar