DapEt Sesuatu yanG bArU..

Pendidikan dan pengajaran adalah salah satu usaha yang bersifat sadar,yang terarah pada perubahan tingkah laku menuju kedewasaan anak didik.Walaupun begitu,tidak dapat diingkari bahwa banyak bentuk pengajaran yang secara tidak sengaja atau tanpa direncanakan.

ImageHost.org

Sebagai ilustrasi, misalnya interaksi yang terjadi dalam kehidupan suatu keluarga. Pada suatu hari ayah,ibu,beserta anak – anaknya sedang berkumpul santai diserambi rumah. Mereka bersenda gurau dengan senang, karena kebetulan hari libur.Selengkapnya… Ayahnya bercerita tentang kejadian lucu dikantor, dan ibu bercerita tentang kejadian yang tejadi di pasar, sedang anak – anaknya mendengarkan cerita orang tuanya, juga ada yang lari kasana – kemari. Suasana pun menjadi penuh dengan gelakan tawa dan kegembiraan. Ditengah suasana itu, seorang pembantu datang untuk menghidangkan makanan ringan dan minuman teh. Tetapi dengan tiba – tiba salah seorang diantara anaknya memukul si pembantu sehingga makanan dan meniman tersebut tumpah . Karena tingkah laku seorang anak tadi, ayah menjadi marah, menegur dan memanggil anak tersebut untuk dinasihati. Dengan harapan agar anak tadi tidak mengulangi perbuatannya lagi, karena itu tdak baik dan tidak sopan walaupun kepada pembantunya sendiri.

Peran ayah yang tadinya hanya sekedar sebagai patner bersenda gurau tanpa ada maksud tertentu, kemudian berubah sebagai penasihat bagi anaknya,sebagai pendidik yang ingin mengubah perilaku anaknya yang dianggap melanggar norma kesopanan. Bagitu juga si anak menjadi diam dan mendengarkan dan memperhatikan nasihat – nasihat yang diberikan ayahnya.anak tersebut mendapatkan sesuatu yang baru bahwa memukul orang lain itu tidak baik,tidak boleh, tidak sopan…dan seterusnya. Dan kejadian seperti itu juga dapat terjadi ketika seorang ibu memakaikan pakaian kepada anaknya, secara tidak langsung anak tersebut memperhatikan bagaiman cara ibunya memakaikan pakaian kepadanya. Dan dilain waktu anak tersebut akan ingin mencoba memakai pakaiannya sendiri dengan mengingat – ngingat apa yang dilakukan ibunya dulu ketika memakaikan bajunya.

Dari semua hal diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan tidak hanya dapat diperoleh disekolah seperti persepsi banyak orang, tetapi dimanapun kita dapat belajar dan mendapatkan pengajaran.

Dan yang tak kalah pentingnya bahwa orang tua adalah guru pertama dan guru utama bagi anak – anaknya.

4 thoughts on “DapEt Sesuatu yanG bArU..

  1. walooo….. mbak!!! aq mau kasih komentar nich, boleh nggak??? aq cman mw ksh tau, isi blognya mbak kok buagus buuuuanget ce…, pokoknya buuuuagusss banget!!!!!

  2. Buat desi :
    boleh donk….ya udah doakan ja yach…thanx

    Buat sirly :
    thanks, ne aq baca buku dulu……baru di simpulkan dech dari apa yg q baca……
    sirly belajar truzz…okay….

Tinggalkan komentar